Hal - Hal Yang Membatalkan Puasa Ramadhan

 


Buat kamu yang masih belajar tentang islam dan baru pertama kali menjalani puasa ramadhan. Penting banget buat kamu nih, untuk tau apa saja hal-hal yang membatalkan puasa ramadhan. Jadi, biar puasa kamu lebih tenang karena terhindar dari hal-hal yang bisa membatalkan puasa.

Buat kamu yang udah muslim dari lahir dan masih bingung tentang Apa saja hal yang dapat membatalkan puasa? Bisa membaca artikel ini sampai selesai yah! Yuk, sama-sama belajar!

 

Hal-Hal Yang Membatalkan Puasa Ramadhan

 

Jadi, apa aja sih hal-hal yang membatalkan puasa menurut islam? Jawabanya ternyata banyak loh, salah satunya yang membatalkan puasa adalah murtad, atau keluar dari Islam. Nah, hal-hal yang membatalkan puasa lainnya, bisa kamu cek dibawah ini yah :

 

Melakukan (Jima') Bersetubuh

 

Hati-hati loh, untuk hal ini. Karena dosanya sangat besar. Saat bulan puasa, kamu dilarang untuk melakukan Jima’ saat menjalani puasa. Itu artinya, dari mulai Shubuh sampai dengan  sebelum maghrib, kamu dilarang kerasa untuk bersetubuh.

 

Larangan ini, tercatat dalam Firman Allah Swt, dalam surat Al-Baqarah Ayat 187, yang artinya :

"Dihalalkan bagimu pada malam puasa bercampur dengan istrimu. Mereka adalah pakaian bagimu dan kamu adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwa kamu tidak dapat menahan dirimu sendiri, tetapi Dia menerima tobatmu dan memaafkanmu.

 

Jadi, khusus untuk bulan puasa ramadhan. Kamu hanya boleh mencampuri pasangan kamu saat malam hari atau selepas berbuka puasa.

 

Dengan Sengaja Makan dan Minum

 

Hal-hal yang membatalkan puasa yang kedua adalah, dengan sengaja makan dan minum. Walaupun hanya setetes, ataupun makanannya halal dan bermanfaat sekalipun, tapi dilakukan dengan sadar maka para ulama sepakat bahwa puasanya batal.

 

Batalnya puasa dengan cara sengaja makan dan minum tercatat jelas dalam surah Al-Baqarah 187, yang artinya :

 

Artinya: "Makan dan minumlah hingga jelas bagimu (perbedaan) antara benang putih dan benang hitam, yaitu fajar. Kemudian, sempurnakanlah puasa sampai (datang) malam. Akan tetapi, jangan campuri mereka ketika kamu (dalam keadaan) beriktikaf di masjid. Itulah batas-batas (ketentuan) Allah. Maka, janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia agar mereka bertakwa."

 

Tapi, kalau kamu makan dan minum dengan tidak sadar. Atau lupa bahwa sedang menjalani puasa ramadhan. Maka tidak dihukumi, batal. Hal ini, sesuai dengan Hadist yang diriwayatkan, oleh Bukhori, Rasulullah bersabda, yang artinya.

 

"Barangsiapa lupa bahwa dirinya sedang puasa kemudian makan dan minum, maka hendaknya dia menyempurnakan puasanya, karena sesungguhnya Allah telah memberinya makan dan minum." (HR. Bukhari no. 1923 dan Muslim no. 1155)

 

Sengaja Agar Muntah

 

Kalau kamu, sengaja agar muntah dengan memasukan sesuatu kedalam mulut. Atau sesuatu agar muntah, maka hukumnya batal puasanya. Tapi, jika kamu muntah tanpa sengaja, maka puasanya tetap sah dan harus dilanjutkan puasanya.

 

Hal ini, ada didalam Hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, bahwa Rasulullah Saw, Bersabda yang artinya.

 

"Barangsiapa muntah sedangkan ia dalam keadaan puasa, maka tidak ada qadha baginya. Dan barang siapa yang muntah dengan sengaja, maka hendaklah ia mengganti puasanya." (HR. Abu Daud no. 2380, Tirmidzi no. 720, Ibnu Majah no. 1676, dan lain sebagainya.)

 

Waktu Haid dan Nifas

 

Khusus untuk wanita, jika pada saat menjalani puasa mengalami Haid, maka puasanya langsung batal dan harus membatalkan puasa. Dan wajib untuk mengganti puasanya pada bulan-bulan biasa. Jadi, kalau kamu saat ini sedang mengalami haid atau nifas, kamu tidak boleh puasa yah!

 

Nah, sekarang kamu udah tahu kan tentang hal-hal yang membatalkan puasa. Sebenarnya, informasi tentang hal-hal yang membatalkan puasa itu, masih banyak lagi. Seperti jika seseorang mengalami gila atau hilang akal, maka puasanya batal

 

Kamu bisa bertanya lebih detail kepada ustadza atau guru ngaji kamu tentang apa-apa saja yang membatalkan puasa lainnya, dan mungkin beberapa pertanyaan lainnya, seperti apakah menangis membatalkan puasa dan Apakah boleh sikat gigi saat puasa?. Semoga mendapatkan jawaban yang mudah dimengerti yah!

 

Oke, sekian artikel dari saya tentang Hal-Hal  Yang Membatalkan Puasa Ramadhan, semoga bisa membantu kamu mendapatkan informasi yah!


Post a Comment

Previous Post Next Post