Amalan Bulan Ramadhan Yang Sayang Banget Kalau Dilewatkan!

  


Kamu lagi nyari artikel yang membahas tentang amalan di bulan ramadhan? Atau kamu lagi nyari informasi tentang Apa keutamaan bulan Ramadhan? Kalau kamu lagi nyari artikel tentang amalan di bulan ramadhan? Baca artikel ini, sampai selesai! Karena saya akan memberikan informasi lengkap tentang itu.

 

Tapi, kalau kamu sedang mencari Apa keutamaan bulan Ramadhan? Kamu bisa membaca artikel saya sebelumnya yang membahas tentang Keutamaan Bulan Ramadhan Dan Dalilnya. Oke, langsung kita bahas aja artikel utamanya, dibawah ini!

Amalan Bulan Ramadhan Yang Sayang Banget Kalau Dilewatkan!

 

Buat kamu yang mungkin baru jadi Mualaf dan bingung mau menjalankan amalan yang mana, saat bulan puasa. Tenang saja, kamu bisa membaca daftarnya, tentang Amalan apa saja yang dapat kita lakukan di bulan Ramadhan, dibawah ini.

 

Amalan Melaksanakan Sahur

 

Dalam praktik puasa ramadhaan, ataupun puasa sunah sekalipun. Sebelum melaksanakannya, dianjurkan untuk makan sahur. Dan untuk makan sahur ini, dianjurkan untuk makan diakhir waktu. Jadi, kamu bisa melaksanakan sahur, sekiranya jam-jam pagi buta, sekitar jam 03.00-03.40 tergantung dari jam batas akhir shubuh sesuai dengan daerah masing-masing.

 

Amalan ini, langsung dianjurkan oleh Nabi Muhammad Saw, sendiri melalu hadist yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, yang berbunyi

 

"Umatku senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka mengakhirkan sahur dan menyegerakan berbuka," (HR Ahmad).

 

Jadi, walaupun kamu tidak terbiasa bangun pagi buta, khusus untuk bulan ramadhan ini atau bulan biasanya, ketika ingin berpuasa, selalu awali dengan makan sahur dulu, yah.

Segera Berbuka Puasa

 

Amalan selanjutnya yang sayang banget untuk ditinggalkan, yaitu menyegerakan berbuka. Amalan ini sangat mudah untuk dilakukan, namun pastikan berbuka dengan porsi yang wajar yah.

 

Untuk kamu ketahui, amalan untuk segera berbuka puasa ketika waktunya ini, ada hadistnya loh, kamu bisa melihatnya dibawah ini. Hadistnya diriwayatkan oleh Al-Baihaqi.

 

"Para sahabat Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam adalah manusia yang paling bersegera dalam berbuka puasa, dan paling akhir dalam sahurnya".

 

Tapi ingat, sekali lagi. Jangan berbuka dengan porsi yang berlebihan, karena yang berlebihan itu tidak baik. Ikuti anjuran sunnahnya berbuka, agar puasa kamu mendapatkan banyak pahala dan juga tubuh yang sehat.

 

Perbanyak Doa dan Juga Meminta Ampunan

 

Sesuai dengan pembahasan saya dalam artikel sebelumnya, tentang keutaman bulan puasa adalah dikabulkanya doa-doa dan juga diampuninnya dosa-dosa manusia. Jadi, bulan puasa ini merupakan waktu yang tepat untuk berdoa  meminta apa yang kita inginkan dan juga meminta ampunan untuk dosa-dosa kita di masalalu.

 

Amalan Menjaga Ucapan

 

Saya sangat tau, dan saya juga mengalaminya. Hal yang paling sulit untuk dilakukan dalam hidup ini, adalah menjaga ucapan. Karena sadar tidak sadar, kita sering menyakiti saudara kita atau teman-teman kita dengan ucapan-ucapan yang menyakitkan.

 

Nah, amalan menjaga ucapan ini disampaikan oleh Nabi Muhammad Saw, yang bersada tentang puasa bukan hanya untuk menahan diri dari makan dan minum semata, tapi juga untuk menahan diri dari kata-kata yang kurang bermanfaat dan juga jorok.

 

Amalan Iktikaf di Masjid

 

Walaupun sebulan sekali, sebaiknya coba jalankan amalan untuk iktikaf di Masjid. Apa itu Iktikaf? Iktikaf adalah kegiatan berdiam diri didalam masjid dalam rangka untuk intropeksi diri dan juga mendekatkan diri kepada Allah Swt.

 

Pada Saat iktikaf, kita bisa intropeksi diri atas pebuatan-pebuatan kita terdahulu dan mohon ampunan Allah untuk di maafkan dan juga bertaubat. Dan meminta untuk istiqomah menjalankan ibadah dengan baik dan benar.

 

Amalan Membaca Al-Qur'an

 

Saat bulan biasa, mungkin kita jarang sekali membaca Al-Quran. Atau mungkin tidak pernah tersentuh sama sekali. Nah, pada saat bulan ramadhan seperti ini, kita bisa membiasakan untuk membaca Al-Quran.

 

Agar kebiasaan itu, terus menerus bisa kita lakukan pada bulan lainnya. Dan kehidupan kita akan jadi lebih baik, dengan menjalankan perintah Allah Swt dan menjauhi larangan-Nya

 

Amalan Memperbanyak Sedekah dan Berbagi


Amalan di bulan ramadhan yang sayang sekali untuk dilewatkan, adalah memperbanyak sedekan dan juga berbagi.  Anjuran untuk memperbanyak sedekah dan berbagi ini, sesuai dengan hadist yang diriwatkan oleh Imam Ahmad, berikut dibawah ini :

 

"Siapa saja yang memberi makanan berbuka kepada seorang yang berpuasa, maka dicatat baginya pahala seperti orang puasa itu, tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang yang berpuasa tersebut," (HR Ahmad).

 

Nah, bagaimana? Sekarang kamu sudah tau banyakkan, tentang Amalan Bulan Ramadhan Yang Sayang Banget Kalau Dilewatkan! Semoga artikel ini bisa membantu kamu mencari informasi tentang bulan ramadhan yah, dan membuat kamu lebih semangat lagi menjalankan ibadah puasa!

 

 

Post a Comment

Previous Post Next Post