Keutamaan Bulan Ramadhan Dan Dalilnya

 

Bulan Ramadhan, merupakan bulan yang sangat spesial bagi seluruh umat Islam di seluruh dunia. Bulan dimana semua amalan-amalan baik manusia akan dikalikan berlipat-lipat pahalanya dan semua pintu-pintu neraka di tutup.

 

Bulan yang sangat tepat untuk membiasakan diri melakukan hal-hal baik, agar setelah selesai bulan Ramadhan kebiasan baik itu akan terus kita lakukan sampai dengan bertemu dengan bulan Ramadhan lagi.

Pengertian Puasa Ramadhan

 

Puasa Ramadhan itu, secara bahasa berasal dari kata “As-shaum” yang memiliki arti menahan diri. Nah, menurut Syara’nya, As-Shaum itu bermakna menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa.

 

Jadi, kalau diartikan dengan lebih jelas lagi. Puasa atau As-Shaum itu, adalah menahan diri dari makan dan minum, juga menahan hawa nafsu dan menahan diri dari perbuatan dan perkataan yang sia-sia.

 

Nah, kalau puasa ramadhannya, bermakna kegiatan berpuasa yang dilakukan selama 30 hari pada bulan ramadhan. Dan seluruh umat Islam di dunia wajib menjalakanya, kecuali ada hal-hal yang memang diwajibkan untuk tidak berpuasa, seperti datang bulan.

 

Berbicara tentang bulan Ramadhan, kenapa sangat spesial? Semua itu karena, Keutamaan bulan ramadhan yang tidak akan bisa ditemui pada bulan-bulan lainnya. Penasaran, apa saja sih Keutamaan bulan ramadhan? Yuk langsung kita bahas dibawah ini!

 

Keutamaan Bulan Ramadhan Dan Dalilnya

 

Jadi, apa aja sih keuatamaan dari bulan ramadahan itu? Apakah bulan ramadhan itu sangat penting, sampai-sampai kita harus menahan haus dan lapar hampir seharian? Nah, kalau kamu penasaran langsung aja cek dibawah ini 5 Keuatamaan bulan ramadhan dan dalilnya!

Bulannya Dimana Alquran Diturunkan

 

Kalau kamu bertanya, Apa saja keutamaan bulan Ramadhan? Salah satunya, adalah diturunkanya Al-Quran, pada bulan Ramadhan. Hal ini, jelas ada didalam Al-Quran QS. Al-Baqoroh : 185 yang menyebutkan bahwa, bulan ramadhan merupakan bulan dimana Al-Quran diturunkan sebagai petunjuk bagi manusia.

 

Dimana Pintu Surga dibuka dan Pintu Neraka Ditutup

 

Bulan Ramadhan sangat istimewa, karena saat bulan ramadhan semua pintu surge dibuka dan pintu neraka ditutup.  Pada saat bulan ramadhan, setan-setan yang biasanya menganggu dan menggoda manusai dibelenggu.

 

Hal ini, disebutkan jelas dalam hadist yang diriwayatkan oleh Abu-Hurairah, disebutkan bahwa Rasullah Saw, bersabda

 

"Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu." (HR. Bukhari no. 3277 dan Muslim no. 1079)

Bulan Dimana Dikabulkannya Doa

 

Setiap hari, setiap detik doa-doa yang dipanjatkan pasti dikabulkan-Nya. Tapi, ada satu bulan penting dan istimewa dimana doa-doa yang dipanjatkan tidak akan tertolak, yaitu bulan puasa. Hal ini tercatat jelas dalam hadist yang diriwatkan oleh Tirmidzi, yang menyebutkan bahwa Nabi Muhammad Saw, bersabda :

 

 “Tiga orang yang doanya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang dizalimi” (HR. Tirmidzi no. 3598)

Diampuninya Dosa-Dosa yang Berlalu

 

Nah, untuk kamu yang masih bertanya tentang Apa saja keistimewaan puasa? Jawabanya khusus untuk kamu yang memiliki dosa masa lalu dan dosa-dosa lainnya, akan mendapatkan ampunan dari Allah Swt. Hal ini disebutkan dalam hadist yang diriwayat oleh Bukhari dan Muslim, yang berbunyi :

 

"Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan dalam kondisi keimanan dan mengharapkan (pahala), maka dia akan diampuni dosa-dosa yang telah lalu". (HR. Bukhari no. 2014 dan Muslim no. 760)

 

Nah, sekarang kamu sudah tau banyak kan tentang Keutamaan Bulan Ramadhan Dan Dalilnya, sebenarnya masih banyak lagi pembahasan tentang keutamaan bulan ramadhan. Tapi karena waktunya mepet dan terbatas, mungkin akan saya bahas lain kali!

 

Oke, semangat menjalani puasa ramadhannya yah!

 

Post a Comment

Previous Post Next Post