Keistimewaan Malam Lailatul Qadar dan Amalanya

 


Bulan Puasa ini, tinggal menghitung hari. Saatnya mengucapkan selamat tinggal Bulan Ramadhan, semoga bisa bertemu lagi tahun depan. Walaupun menyedihkan, tapi ada hal yang istimewa di hari-hari terakhir bulan ramadhan ini.

 

Apa itu? Jawabanya adalah Malam Lailatul Qadar. Apa istimewanya? Yuk langsung kita bahas! Dimulai dengan mengenal dan mengerti dulu, arti dari Lailatul Qadar!

 

Jadi, apa yang dimaksud dengan Lailatul Qadar? Lailatul Qadar, malam pilihan yang ada di bulan Ramadhan. Malam ini juga merupakan malam yang sangat penting bagi umat islam. Karena pada malam inilah, Al-Quran diturunkan, sebagai petunjuk bagi umat manusia.

 

Hal ini, sesuai dengan apa yang ada didalam Al-Quran, yang membahas tentang Lailatul Qadar, yang ada di Surat Al-Qadr ayat 1-5. Kalian bisa coba cek ayatnya yah, buka Al-Quran kalian dan mulai membacanya.

 

Selain didalam Al-Quran, Lailatul Qadar juga disebutkan dalam beberapa hadist, yang membahas tentang kedatangan malam tersebut.  Salah satunya, adalah Hadist yang diriwayatkan oleh Bukhori, Muslim, Tirmidzi & Ahmad, yang artinya :

 

Rasul SAW bersabda, "Siapa yang mengerjakan sholat pada malam lailatul qadar dengan penuh keimanan dan mengharapkan ridha Allah SWT, maka dosa-dosanya yang terdahulu diampuni." (HR Bukhari, Muslim, Tirmidzi & Ahmad)

 

Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

 

Nah, sekarang kamu udah tahu kan tentang Lailatul Qadar. Sekarang, kamu pasti penasaran kira-kira apa aja sih yang bikin Malam Lailatul Qadar itu istimewa? Yuk langsung kita bahas dibawah ini!

 

Malam Lailatul Qadar Menjadi Pencatatan Takdir dalam Setahun

 

Yang istimewa dari Malam Lailatul Qadar, salah satunya adalah pencatatan setiap takdir umat manusia dalam setahun.  Hal ini tertulis dalam Quran Surah AD-Dukhan : 4 yang artinya :

 

"Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah." (QS. AD-Dukhan: 4).

 

Malam Yang Lebih Baik dari 1.000 Bulan

 

Keistimewaan dari Malam Lailatul Qadar selanjutnya adalah, dinyatakan sebagai malam yang lebih baik dari 1.000 bulan. Pada mala mini, setiap ibadah dan amalan akan lebih baik dibandingkan jika dikerjakan di luar lailatul qadar. Hal ini, tertulis dalam Quran Surah Al-Qadr : 3 yang artinya :

 

"Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan." (QS. Al-Qadr: 3).

 

Malaikat Jibril Beserta Rahmat Allah SWT

 

Pada malam ini pula, dikatakan bahwa malaikat-malaikan akan turun ke dunia. Dan salah satu malaikat yang akan turun adalah Malaikat Jibril. Para Malaikat ini, diturunkan berserta banyaknya berkah dan rahmat Allah Swt.

 

Amalan-Amalan Di Malam Lailatul Qadar

 

Keistimewaan dari malam lailatul qadar itu, masih banyak sekali loh! Kamu bisa Tanya kepada guru ngaji dan ustadz di desa atau lingkungan rumah kamu. Selanjutnya, untuk menambah informasi kamu. Kita akan membahas tentang amalan-amalan di malam Lailatur Qadar yang bisa kamu lakukan, berikut dibawah ini.

 

Mendirikan Salat Sunah

 

Amalan yang bisa kamu lakukan, ketika menemui Malam Lailatul Qadar, adalah dengan mendirikan salat sunah. Shalat Sunnah yang bisa kamu kerjakan atau dianjurkan untuk dikerjakan, adalah Shalat Tahajud dan Salat Tasbih.

 

Memperbanyak Zikir

 

Untuk kamu yang mungkin tidak memiliki kesempatan untuk shalat malam, karena sudah ngantuk atau memang tidak bisa menunggu sampai waktu shalat Tahajudnya, kamu bisa memperbanyak Dzikir dan meminta ampunan kepada Allah Swt.

 

Iktikaf di Masjid

 

Salah satu amalah yang bisa kamu gabungkan dengan amalan lain, yaitu Iktikaf di Masjid. Iktikaf disini artinya adalah berdiam diri di masjid dengan niat yang pasti. Selama berdiam diri di masjid ini, kamu bisa memperbanyak Dzikir dan melaksanakan salat sunnah yang dianjurkan, tadi. Anjuran ini, berasal dari Hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, yang artinya

 

“Dari Aisyah RA, ia mengatakan bahwa Rasulullah SAW melakukan iktikaf setelah tanggal dua puluh Ramadan hingga akhir hayatnya. (HR Al-Bukhari dan Muslim).”

 

Tilawah Al-Qur'an

 

Lalu, kamu juga bisa mengamalkan atau membaca Al-Quran pada malam Lailatul Qadar. Amalan ini, menjadi salah satu amalan atau kebiasaan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad Saw, pada bulan puasa. Yang tertulis dalam Hadist Riwayat Bukhari, yang artinya :

 

“Jibril menemuinya pada tiap malam malam bulan Ramadan, dan dia (Jibril) bertadarus Al-Qur'an bersamanya. (HR Bukhari)”

 

Nah, sekarang kamu sudah banyak tahu kan, tentang Keistimewaan Malam Lailatul Qadar dan Amalanya. Sekarang, saatnya kamu bersiap untuk menantikan datangnya malam Lailatul Qadar yah! Pastikan kamu untuk menyiapkan diri, agar kedatangan Malam Lailatul Qadar bisa kamu dapatkan dengan baik dan doa-doa kamu terkabulkan.

Post a Comment

Previous Post Next Post