Cara Berbuka Puasa Yang Benar Agar Puasa Ramadhan Tetap Sehat!

 


Cara Berbuka Puasa Yang Benar Agar Puasa Ramadhan Tetap Sehat!Setelah sebelumnya, saya membahas tentang  Rekomendasi Menu Berbuka Puasa Yang Sehat, kali ini saya akan membagikan tentang menu berbuka puasa lagi nih, sekaligus cara berbuka puasa yang sehat.

Jadi, kalau kamu selama menjalani puasa ini sering sakit-sakitan, kamu bisa mulai mengikuti cara berbuka puasa yang sehat yang akan saya sampaikan dalam artikel ini. Biar terhindar dari penyakit dan bisa menjalani puasa ramadhan dengan nyaman.

 

Cara Berbuka Puasa Yang Sehat

 

Berpuasa itu, sudah menjadi kewajiban bagi seluruh umat islam di dunia. Jadi, wajib hukumnya untuk dijalankan dan tentu akan mendapatkan dosa jika tidak dijalankan. Tapi, bagaimana kalau sakit? Kalau kamu sakit, kamu diperbolehkan untuk tidak berpuasa tapi harus menggantikanya di hari yang lain.

Nah, repot kan! Nanti yang lain lagi enak makan kita malah puasa. Jadi, untuk menghindari sakit dibulan puasa. Kamu harus menjaga kesehatan dengan cara berolahraga dan makan makanan yang sehat saat berbuka.

Tapi perlu diingat yah, cara berbuka puasa yang kamu jalani juga harus sehat. Karena makan makanan sehat saja tidak akan membantu kamu untuk terus sehat pada saat menjalankan puasa. Kalau cara berbuka kamu salah.

Nah, untuk membantu kamu mengetahui bagaimana cara berbuka puasa yang sehat. Kamu bisa melihat pembahasanya dibawah ini.

 

Mulai dengan Air Putih

 

Untuk mengawali berbuka puasa, pastikan kamu memulainya dengan minum air putih yah. Kenapa begitu? Karena dengan meminum air putih, tubuh kamu akan kembali mendapatkan cairan yang hilang selama puasa, seharian.

Setelah minum air putih yang cukup. Kamu bisa melanjutkan dengan makan takjil yang ringan, seperti buah kurma atau Air Kelapa muda.

 

Pastikan Makanan Manisnya Manis Alami

 

Sebelum berbuka puasa, kamu pasti akan berburu takjil dulu kan? Nah, saat berburu ini, pastikan kamu memilih takjil yang manisnya, manis alami dan bukan buatan. Kalau kamu tidak menemukan takjil yang menggunakan pemanis alami, kamu bisa membeli kurma saja.

Karena kurma, merupakan sumber gula alami yang bisa bermanfaat untuk mengembalikan energy kamu setelah seharian berpuasa.

 

Kurangi Makan Gorengan

 

Gorengan, memang tidak bisa ditolak karena sangat menggoda sekali. Tapi, kalau kamu ingin sehat selama bulan puasa ini. Pastikan kamu mengurangi makan gorengna. Karena, gorengan itu merupakan makanan olahan yang tinggi kalori.

Gorengan ini, bisa kamu kurangi porsi makannya. 1-2 potong, masih tidak apa-apa. Tapi kalau berlebihan, bisa berbahaya juga untuk kesehatan kamu.

Apalagi kalau gorenganya terlalu banyak minyaknya.  Gorengan yang mengandung banyak minyak akan membuat tenggorokan kamu sakit, dan lebih parah lagi bisa mengakibatkan penyakit jantung.

 

Jangan Makan Berlebihan

 

Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak akan baik hasilnya. Walaupun hidangan makanan berbuka kamu merupakan makanan sehat dan juga terjamin kualitasnya. Tapi, kalau kamu makan terlalu banyak akan tetap dapat menimbulkan penyakit.

Jadi, jangan berlebihan dalam sesuatu. Lagipula, berpuasa itu kan memang dimaksudkan untuk menahan nafsu dan juga kesabaran kita sebagai manusia.

Kalau kamu selama puasa biasa menahan nafsu untuk makan dan bersabar menunggu buka puasa. Maka harusnya kamu bisa dong, menahan nafsu untuk tidak makan berlebihan dan juga bersabar untuk tidak rakus memakan semua makanan yang ada.

 

Nah, sekarang kamu sudah tau kan! Gimana Cara Berbuka Puasa Yang Benar Agar Puasa Ramadhan Tetap Sehat! Yuk bagikan artikel ini ke teman-teman kamu agar mereka juga tau lebih banyak tentang cara berbuka puasa yang benar, Semangat berpuasa yah!

 

 

Post a Comment

Previous Post Next Post