Asuransi : Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Fungsi Asuransi

 

Kehidupan manusia, semuanya tidak akan ada yang bisa menyangka akan seperti  apa. Tapi kita masih bisa untuk mencegah atau menangani masalah-masalah dalam kehidupan manusia.

 

Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, bahwa kehidupan manusia itu tidak akan ada yang bisa menyangka dan menebak akan seperti apa. Seperti contohnya kesehatan manusia, pendidikan manusia dan juga kebutuhan manusia yang lainnya.

 

Karena kita tidak bisa menebak dan menyangka kedepan akan seperti apa, yang paling bisa kita lakukan adalah mempersiapkan pengamanan untuk segala kemungkinan yang terjadi dengan menggunakan Asuransi.

 

Apa yang dimaksud dengan asuransi?

 

Jadi, kalau kamu bertanya tentang Apa yang dimaksud dengan asuransi. Jawaban singkatnya adalah seperti yang saya sampaikan diatas. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa membacanya dibawah ini.

 

Jadi, Asuransi adalah perjanjian kedua belah pihak, antara nasabah dan juga pihak pemberi asuransi. Dalam akad asuransi ini, pihak asuransi yang berstatus sebagai penanggung harus memberikan pertanggung jawaban dan juga pergantian jika terjadi sesuatu yang menimpa nasabah.

 

Jadi, semisal kamu mengambil asuransi kesehatan. Dan kamu sakit, maka pihak asuransi berkewajiban memberikan pertanggung jawaban dan membayar semua biaya rumah sakit dan juga kebutuhan kamu selama sakit.

 

Sementara, kewajiban kamu sebagai Nasabah. Kamu harus membayar biaya asuransi setiap bulan, sesuai dengan kesepakatan atau program asuransinya.

 

Secara singkat, dari penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan asuransi sebenarnya sudah ada penjelasanya juga tentang Bagaimana cara kerja di asuransi? tapi, kalau kamu tertarik untuk mencari tau lebih jauh tentang Bagaimana cara kerja di asuransi? Mungkin akan saya bahas secara terpisah dalam artikel selanjutnya.

 

Sekarang kita akan membahas lebih banyak tentang Asuransi, mulai dari tujuan, manfaat dan fungsi dari asuransi itu sendiri!

 

Tujuan Memiliki Asuransi

Kita mulai dulu dari tujuan memiliki Asuransi. Untuk ini, tergantung dari bagaimana kamu ingin memilih asuransi seperti apa. Karena ada banyak sekali jenis asuransi mulai dari Asuransi Jiwa, Asuransi Kesehatan, Asuransi Pendidikan, Asuransi Investasi, Asuransi Kendaraan, Asuransi Kecelakaan, Asuransi Korporasi, Asuransi Hari Tua.

Kamu tinggal pilih, apakah tujuan kamu mengambil asuransi ini untuk pendidikan atau investasi atau asuransi untuk hari tua. Jadi untuk tujuan memiliki asuransi ini, sepenuhnya kamu yang memutuskan.

 

Kalau kamu saat ini, adalah orang tua yang memiliki anak masih kecil, kamu bisa mengambil asuransi pendidikan untuk anak kamu dan asuransi hari tua untuk kamu sendiri.

 

Atau, kalu kamu saat ini adalah seorang pebisnis dan sedang membangun usaha. Kamu bisa mengambil asuransi korporasi untuk membantu kebutuhan kamu saat gagal membangun usaha nanti.

 

Manfaat Memiliki Asuransi

Untuk manfaar asuransi sendiri, seperti sudah jelas terlihat dari pembahasan sebelumnya yah. Singkatnya sih, manfaat memiliki asuransi adalah kita bisa tertolong ketika mengalami kejadian yang tidak diinginkan.

 

Jadi, kita tidak akan pusing lagi untuk memikirkan darimana biaya untuk menutupi kerugian, atau biaya perawatan saat kita sakit nanti. Manfaat lainnya dari memiliki asuransi bisa kamu lihat daftarnya dibawah ini.

 

  1. Perlindungan Finansial
  2. Perlindungan Kesehatan
  3. Perlindungan Jiwa
  4. Perlindungan Pendidikan
  5. Persiapan Pensiun

Kalau kamu ingin tau lebih banyak tentang manfaat asuransi, mungkin saya akan membuat artikel terpisah untuk manfaat asuransi ini, khususnya untuk manfaat asuransi bisnis.

Fungsi Asuransi

Terakhir yang akan kita bahas, adalah fungsi dari Asuransi. Sebenarnya fungsi dari asuransi itu sendiri masuk kedalam point dari manfaat memiliki asuransi. Jadi, sepertinya fungsi dari asuransi itu tidak perlu dibahas terlalu jauh, karena sudah ada semuanya didalam manfaat asuransi.

 

Yang mungkin akan kita bahas selanjutnya, adalah cara kerja asuransi itu sendiri dan mungkin rekomendasi perusahaan asuransi terbaik yang bisa kamu pilih. Oke, sekian artikel dari saya tentang Asuransi : Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Fungsi Asuransi. Semoga bisa membantu kamu yang sedang mencari tau tentang asuransi yah!

 

Post a Comment

Previous Post Next Post